Wednesday, November 11, 2015

Tipe ibu ASI garis keras

Akibat banyaknya artikel pejuang ASI dan informasi ASI lainnya, saya jadi mempertanyakan pada diri saya sendiri. Apakah saya tipe ibu ASI aliran garis keras alias apa saya tipe ibu yang bersikukuh harus memberi ASI untuk anaknya? jawabnya, iya! tapi saat ini itu berlaku untuk anak saya sendiri.

Setiap ibu pasti punya cerita tentang pengalaman menyusui masing-masing ya, dan itu pasti jadi pengalaman berharga yg ga terlupakan, dari segi bahagianya, susah payahnya dan bahkan penderitaannya. Dan saya suka baca kisah2 mereka karena itu yg memotivasi saya. Dan, ini kisah pengalaman menyusui anak pertama saya Denise *telaaat banget sih share nya pas lagi hamil anak kedua begini.

Dari masa kehamilan, kebetulan saya senang mencari info tentang bagaimana menjadi ibu baru, bagaimana menangani baru baru lahir dan ga kalah penting info tentang ASI. Sumber info ttg ASI yg biasa saya baca ada di twitter @aimi_asi dan @id_ayahasi dan masing2 website nya . Kenapa saya mencari info lewat internet? Waktu itu saya punya cukup waktu luang buat browsing atau blog walking, dan yang membuat saya betah membaca pengalaman ibu dan ayah diluar sana tentang perjuangan ASI mereka, adalah karena mereka membagi pengalaman perjuangannya, perasaan sedih, sakit tapi berakhir dengan berhasil dan bahagia, dan yg terpenting saya ga perlu mendengar intonasi 'sok tau' tentang cara menyusui. Hihihi sungguh, kadang kan sebel ya kalo ngobrol dg ibu-ibu yg cerita tentang betapa berlimpah ruahnya ASI mereka, kayak ga perlu usaha keras gitu deh. Dengan baca cerita pengalaman dan info dari sumber terpercaya ttg ASI, membuat saya ngebayangin dan bertekad untuk memberi ASI untuk bayi saya nanti, saya sudah mempersiapkan diri bahwa ngASI pasti ga mudah tapi worth it. Ya kurang lebih begitulah awal kenapa saya bertekad untuk memberikan ASI, sekali lagi bukan karna saya sadar dengan sendirinya, tapi karena saya kepo akhirnya bikin sadar.

Oiya, saya ga nelen mentah2 info yg di dapet dari internet kok, info ASI yg saya dapat juga sekalian saya tanyain ke dokter kandungan waktu itu, dan beliau nyaranin bahkan langsung menjadwalkan untuk ikut KELAS LAKTASI dengan bidan konselor laktasi, lucunya syaratnya pak suami harus ikut. Kelasnya 30 menit, isinya ngobrol sama bidan hehehe. Poin penting yg masih saya inget sampe sekarang adalah ternyata dari usia kehamilan 7 bulan, saya diminta dan di ajarkan untuk mulai bersihin puting payudara, yang taunya emang kotor lho karena efek sisa sabun, keringat dll. Sebenernya waktu kecil saya sering liat ibu saya bersihin puting pake kapas dan minyak tawon, geli liatnya dan ga tau juga dulu apa fungsinya. Tau nya fungsi bersihin puting sejak hamil adalah menyiapkan sumber ASI itu untuk keluar nantinya, jadi saluran ASI itu ga cuma satu lubang, saluran itu kecil-kecil banyak *coba liat aja tekstur puting payudara masing-masing hehehe nah saluran itu suka tersumbat sama sisa kotoran yg saya sebut diatas, jadi ya mesti di bersihin pake kapas dan baby oil. Kalo ga percaya, coba aja ambil kapas dan kasih baby oil, lalu bersihin putingnya, agak dikorek2 sedikit ya, nanti ada bagian keras2 akhirnya luntur dgn sendirinya di kapas karena kena baby oil. Untuk ibu hamil pelan2 ya, kalau mulai ngilu2 bisa berhenti sebentar, karena ngilu2 itu bisa bikin kontraksi. Poin penting lainnya yaitu peranan suami, terutama dalam mendukung keberhasilan dan kelancaran ibu untuk memberikan ASI. Singkatnya selama masa menyusui si ibu harus dibantu masalah kerjaan rumah tangga lain dan di jamin kebahagiaan perasaannya oleh orang terdekat, contohnya suami. Nah ini dia kenapa pak suami harus ikut, kalau konselor yg ngomong kan dese lebih percaya, yes?! yeeeeessssss.....

Inti nya sih, pemberdayaan diri dan kemauan untuk nyiapin diri untuk memberi ASI pada bayi nantinya.

Terus, tiba saatnya saya praktek untuk ngASI, udah nyiapin diri, bertekad kuat, niat dan semangat, apa ASI saya lancar? tiiiiiddddaaaaaakkkkk, disitu saya merasa sedih sodara sodara, dan beruntung saya jadi orang kepo yg suka baca2 blog orang. ASI saya ga keluar sehabis melahirkan, saya berusaha ga sedih, ga panik, saya berusaha meyakinkan diri bahwa bayi saya bertahan tanpa ASI di hari kelahiran pertama, saya berkeyakinan bayi saya mau bekerja sama untuk belajar ngenyot, hiufh!. Selama 3 hari, kebetulan peraturan bayi rooming in rumah sakit memudahkan saya belajar menyusui 2 jam sekali bergantian payudara kiri dan kanan *padahal ga ada susunya. Jangan tanya rasanya...hilang bius pasca operasi, susah bergerak ketawa aja sakit, puting rasanya kayak di silet2 bikin saya berucap " gw kapok..kapok..kapook.." hehehe. Alhamdulillah, di hari ke tiga keluar juga kolostrum itu, yaaap alhamdulilllah sedikit meredakan kesedihan dan kekhawatiran saya.

Kolostrum dan ASI sudah keluar ternyata belum selesai perjuangan, pertanyaan saya "mana katanya perasaan indah saat menyusui bayi? Mana perasaan rileks saat menyusui? Sampai kapan ya Tuhan sakit kayak disilet2 begini?". Lebay? bangeeeeet!. Nangis saat nyusuin? pastiiiii!. Puting berdarah? pernah bangeeet!. Jadi parno, males, takut saat mau mulai nyusuin? iyaaa bangeeettt!. Saya suka minta pegangin kaki sama pak suami karena kaki suka reflek gerak2 nahan sakit waktu bayi lagi nyusu. Yap! akhirnya saya merasakan awal memberi ASI adalah perjuangan, tapi saya tetap bertekad karena percaya kalau tetap rajin menyusui 2 jam sekali, ga sampe 2 minggu rasa sakit disilet2 itu bakal hilang dan semua akan lancar.

Alhamdulillah, sakit serasa di silet2 itu memang bener hilang ga sampai 2 minggu, kalau muncul rasa perih di puting, saya oles2 dulu dgn ASI yg saya pencet sedikit, si bayi pun udah lancar ngenyot2nya. Tapiiiii.....apa ASI saya banyak? lagi lagi tiiiiddddaaaaakkkk sodara sodara, menyusui masih 2 jam sekali, sudah makan sayur katuk setiap hari, makan putih telur sehari 8 butir sekalian mempercepat penyembuhan jahitan operasi, minum suplemen pelancar ASI sehari 3x, suka minta pijitin pak suami, banyak bonding dengan bayi, saat bayi ketiduran tp nyusu belum selesai lalu dilanjut pompa, tetap aja ASI saya pas-pasan jadi bikin bayi nangis serasa kurang menyusu. Lagi lagi saya berusaha ga panik dan bersyukur aja sambil ngajak ngomong si bayi, yang saya rasain itu ampuh buat nenangin bayi, emang bayi agak rewel tapi ga nangis meraung-raung jadi bikin saya ga kelabakan berlebihan *cari tau arti menangis bayi deh, ternyata ga selalu karena kurang menyusu lho. Selanjutnya, teori 'makin sering diperah makin banyak jumlah ASI' saya jalani juga, bangun jam 1 malam saat hormon prolaktin yang katanya lagi bagus2nya, yg berarti itu adalah waktu terbaik untuk pompa saya jalani, tapiiii..hasil paling pooll saya pernah ngumpulin hanya 40ml ASIP aja. Kulkas isi nya banyakan botol drpd ASIP nya. Sedih? pasti!. Mana cerita ibu-ibu yg lagi mandi aja ASI nya sampe tumpah-tumpah, yang sejam aja ga menyusui itu ASI rembes basahin baju, yang bayinya suka kelagagapan karena tersedak ASI yg mancur keluar berlimpah, aaaahhh sudahlah ga kejadian di saya. Ada keinginan ganti merk pompa asi yg mahal-mahal elektrik dan katanya mudah menghisap asi, tapi kondisi keuangan ga memungkinkan saat itu, males juga cerita ke pak suami karena bawaan hati jadi sensi hahahahaaa jadi menurut saya sekarang, ternyata persiapan alat pompa asi semenjak kehamilan ternyata penting. 

Terus solusi ASI pas-pasan saya saat itu adalah, saya tetap bertekad kuat menyusui, dari pabriknya langsung! sampe si bayi puas, alhasil selalu menyusui 2 jam payudara kiri dan 2 jam payudara kanan. Pegel? bangeeeeettttt. Suka perih? iyaaaaa tp tahan ajalah, ga seberapa juga sakitnya daripada awal-awal kok. Jadi ga bisa kemana-mana tanpa bawa bayi? ya iyalah, kalau mau pergi ya repot tapi dibuat seneng aja.

Saya bersyukur aja dengan keadaan, bersyukur masih di temenin suami *saya ga pilih kata di dukung, karena ternyata pak suami ga terlalu banyak inisiatif dlm hal perASIan hihihi maaf ya bebi thats was i felt, bersyukur juga punya orang tua dan mertua yang gak maksa nyaranin susu formula karena mereka percaya dgn pilihan saya dan bersyukur dgn kesempatan menjadi ibu penuh waktu jadi bisa fokus aja ngurus bayi. Dirasa happy aja waktu-waktu jadi ibu baru itu, bosen? iyaaa bangetttttt sebenernya, makanya saya percaya cerita kalau ibu baru di ajak jalan-jalan ke supermaket aja tuh rasanya seneng minta ampuuuun, hahahahaa.

Waktu berlalu, 2 tahun 3 bulan masa menyusui Denise, dengan keadaan yang masih aja ASI pas-pasan dan  kendala2 lainnya, tapi Alhamdulillah tetep jalan teruuuussss. Sampai akhirnya harus mulai proses menyapih, sedih, tapi senang, saya bersyukur bisa berhasil, insya Allah jadi investasi sehat untuk anak. Insya Allah masih bertekad untuk anak kedua. Doakan saya ya..

Keuntungan nyata yang saya peroleh dari jadi ibu tipe ASI garis keras ini adalah anak gak gampang sakit, baik batuk pilek ataupun diare *kebanyakan penyakit anak bayi, kalaupun sakit ya cepet sembuh dgn penanganan home treatment, jadi keingetan kalo ada anak kecil yg rutin banget sakit mesti ke dokter, coba di telusuri lagi riwayat pemberian ASI nya. Lalu fisik berat badan anak emang gak segembul bila anak konsumsi susu formula, tp tetap meningkat kok.  Apalagi yaaa...udah itu aja, anak sehat udah jadi keuntungan nyata banget buat saya kok hihihihi.

At the end, itu cerita pengalaman menyusui pertama saya, yang saya yakin walaupun dengan perih, darah dan air mata *tsaelaaaahhh , pasti masih belum seberapa.

Karena dibanding beratnya perjuangan ibu-ibu yang mengalami desakan penggunaan susu formula dari keluarga dan kanan kiri, belum lagi masa cuti habis untuk para ibu bekerja dan harus menyisihkan waktu, tenaga dan pikiran untuk pompa di kantor, kejadian stok ASIP tipis dan bayi lagi dalam keadaan grow spurth pasti bikin perasaan ibu-ibu makin kacau, keadaan jarak jauh pisah dari anak dan harus pumping untuk stok seminggu sekali dan masih banyak kendala-kendala lain yang cuma bisa dirasain dan dipahami sama ibu menyusui. Tapi percaya atau enggak, ibu-ibu dengan keadaan ga enak-enak diatas itu ternyata juga banyak, BANYAAAAAK! YANG BERHASIL menyusui eksklusif 6 bulan, bahkan 2 tahun lebih!. Saya cuma bisa bilang, makan apa siiih ibu-ibu itu? hehehe gak deeehhh, maksudnya mau bilang salut dan bangga sama kalian ibu-ibu pejuang ASI.  Dan ending dari baca kisah-kisah mereka, saya menyimpulkan karena persiapan diri dan niat yang kuat, ga peduli seberapa besar ternyata kendala yg di alami, menyusui eksklusif bisa dilakukan *selama ibu sehat dan tidak ada indikasi medis yg membuat ibu jadi tidak bisa menyusui.

Lagi lagi, hal menakjubkan yang saya rasa selama jadi ibu, cinta sama anak ternyata bisa mengalahkan sakit segala-galanya, termasuk sakit hati karena ga dapet dukuangan suami dan keluarga atau sakit perih2 puting sampai luka2 berdarah-darah.
Terus buat ibu-ibu yang akhirnya pilih susu formula untuk anaknya, tentu saya gak boleh menyudutkan, maaf juga yaa bila tulisan ini dirasa menyudutkan, sungguh ga bermaksud, karena itu pilihan hidup karena alasan masing-masing. Hasil dari pilihan itu juga akan dirasa masing-masing, jadi ya saya hormati juga. Dan saya sebagai sesama ibu menyusui, biasanya kalau ditanya dan dimintai bantun, sebisa mungkin mendukung dan nyariin info masalah dan solusinya, karena sampai saat ini baru itu yang bisa saya berikan mengingat kapasitas saya yg cuma berbagi pengalaman alias bukan konselor dan semacamnya *ga jarang lho saya di curhatin busui di tengah malem dan ngubek2 link artikel lagi. Tapi sepanjang fikiran saya, kalau memang kita berniat sesuatu dan mengalami kegagalan, pasti kita berusaha minta bantuan pada ahlinya, untuk hal ASI, mendatangi konselor ASI jadi pilihan *waktu itu saya udah sampai nyatet info alamat konselor relaktasi aja, jaga2 ASI saya ga keluar sama sekali.

Tapiiiii kalau ujungnya si ibu nyerah karena beralasan bayinya nyusu kuat, ASI dirasa ga cukup, berasa perih pegel, sedih ga di dukung, bayi bingung puting, biasanya saya pun juga nyerah ngasih info lagi, karena...berasa gimana ya, ya sudah deh kalo udah ga mau berusaha lebih untuk cari solusi dari masalahnya, ya ga usah beralasan lagi, case closed. Lain lagi untuk kasus kegagalan relaktasi atau yg lebih rumit yaaa..*belum nyampe saya ke situ.

Aduh, udah kepanjangan dan jadi ngalor ngidul cerita pengalaman menyusui saya. Udah di protes Denise juga kelamaan di depan laptop. Inti dari judul, ya saya merasa saya tipe ibu ASI garis keras untuk anak saya, dan karena keyakinan makanya ternyata berhasil, efek positif juga saya dan anak yang rasakan dari usaha ini.

Tujuan saya share agar perempuan yang baca bisa berkeyakinan untuk memberi ASI kepada bayinya, tapi lebih lagi untuk ngingetin diri sendiri dan yang lain, 'sudah poll kah persiapan dan ketekatan ibu-ibu untuk berjuang memberi ASI?

Salam nenen,

xoxo!
istie

No comments:

Post a Comment